MANUSIA DAN KEGELISAHAN


MANUSIA DAN KEGELISAHAN

PUTERI SALEHA RAHMATILLAH 
UNIVERSITAS GUNADARMA 
AHMAD NASHER 





A. PENGERTIAN KEGELISAHAN 
      kegelisahan berasal dari kata "Gelisah" yang artinya rasa yang tidak tentram dihati atau selalu merasa khawatir, cemas, dan lain-lain. Alasan utama timbulnya kegelisahan adalah karena manusia punya hati dan perasaan. berikut perasaan cemas menurut sigmund freud ada 3 macam yaitu:
1. kecemasan objektif/kegelisahan terapan: karena sesuatu objek diluar individu.
2. kecemasan neurotik (saraf): kecemasan yang timbul akibat pengamatan tentang bahaya dari naluri. 
3. kecemasan moral: kecemasan akibat emosi diri sendiri atau struktur kepribadian. 

B. TIGA BENTUK KEGELISAHAN 
     1. keterasingan 
keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata terasing berasal dari kata asing yang berarti sendiri, tak dikenal orang, sehingga tersisihkan dari pergaulan, terpisah dari yang lain, atau terpencil.
keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihnya dari pergaulan terpencil atau terpisah dari yang lain. 
     2. kesepian
kesepian berasal dari kata sepi yang berarti, sunyi, lengang, tidak ramai, tidak ada orang, atau tidak ada apa-apa. frustasi merupakan salah satu penyebab kesepian. 
     3. ketidakpastian
ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti yang berarti, tidak menentu fikirannya, mendua, atau apa yang dipikirkan tidak searah, kemana tujuannya tidak jelas, ketidakpastian akibat tidak konsentrasi. 
     Gelisah tergolong penyakit batin, penyakit batin yang menyerang siapa saja dari golongan apa dan bangsa apapun. Rasa gelisah berhubungan erat dengan keimanan seseorang, manusia hanya diberi hak untuk berikhtiar, keputusan akhir sepenuhnya di tangan Tuhan, maka apapun yang akan terjadi, itulah yang terbaik karena itu semua keputusan Tuhan YME. 
     Jadi, kita sebagai manusia pasti pernah mengalami rasa kegelisahan dalam hal apapun. misalkan ketika kita sedang mengalami masalah juga akan timbul rasa gelisah. Biasanya jika sudah merasa gelisah, perasaan akan menjadi tidak enak, terasa beban di fikiran, kemudian akan selalu terbayang-bayang, jika masalahnya memang sudah benar-benar dalam. Maka dari itu jika kita merasakan kegelisahan segeralah untuk berdoa agar hati kita ditenangkan dari salah gelisah tersebut, karena biasanya gelisah itu akan mendatangkan sesuatu hal yang buruk mau itu secara langsung ataupun tidak langsung. 

sumber: https://repository.unikom.ac.id/34165/1/BAB%20VIII%20MANUSIA%20DAN%20KEGELISAHAN.pdf

Komentar

Postingan Populer