KESENIAN BUDAYA JAWA TIMUR


KESENIAN BUDAYA JAWA TIMUR 




Menyinggung tentang kebudayaan, Jawa Timur memiliki banyak nilai seni dan budaya yang membuat daerah ini sangat menarik untuk dibanggakan.

KESENIAN 

1. TARI REMO 
      Tarian ini berasal dari Jombang tepatnya di desa Ceweng kecamatan Diwek, Jawa Timur yang diciptakan oleh para pengamen tari pada masa itu. Pada awalnya, tari ini merupakan sebuah tarian yang digunakan sebagai pengantar pada pertunjukkan ludruk. Akan tetapi, pada perkembangannya tari remo ini sering ditarikan terpisah untuk menyambut tari kenegaraan maupun untuk festival dalam kesenian daerah. Isi dari tarian ini adalah cerita perjuangan pangeran di dalam sebuah medan laga. Seiring berjalannya waktu, tarian ini lebih akrab ditarikan oleh perempian dan pada akhirnya muncullah tari remo putri. 

2. PARIKAN 
      Parikan yang memiliki nama lain kidungan adalah salah satu dari kesenian tradisional yaitu Ludruk. Dalam pertunjukkan ludruk yang murni, seniman ludruk setidaknya haruslah bisa parikan sekitar 2 jam tanpa putus. Disamping itu, parikan itu dituntut kontemporer yakni sesuai dengan kondisi serta situasi sosial yang ada dan tidaklah boleh monoton. Prosesnya diawali dengan parikan yang telah dihafalkan dan dilanjutkan dengan spontanitas setelah 3-4 parikan yang telah dihafalkan tadi. 

3. LUDRUK
      Ludruk adalah drama tradisional dari sebuah grup kesenian dengan pagelaran cerita tentang rakyat dan kehidupan sehari-harinya disertai dengan iringan musik dan gamelan. 

      Kesenian yang mencakup tari remo, parikan, dan ludruk, merupakan budaya Jawa Timur yang dilestarikan hingga saat ini disamping banyak seni khas lainnya. 

sumber: https://dolandolen.com/information/jawa-timur/budaya/  



Komentar

Postingan Populer